Milad Ke-43 UNIZAR: Berpendar Bersama Menerangi Semesta

UNIZAR NEWS, Mataram – Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) merayakan Milad yang ke-43 dengan serangkaian acara meriah yang diadakan di Lapangan Basket UNIZAR pada Minggu, 26 Mei 2024. Acara ini dimulai pukul 06.00 WITA dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting dari lingkungan Universitas Islam Al-Azhar, Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, dan pejabat di lingkungan Sandubaya. Selain itu, acara puncak ini juga dihadiri oleh Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Bapak H. Lendek Jayadi, SE., MM., seorang alumnus Fakultas Ekonomi, yang kini menjadi Ketua IKA UNIZAR periode 2024-2028.

Acara dimulai dengan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh civitas akademika dan masyarakat sekitar. Setelah itu, rangkaian acara dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia, I Putu Septian Adi Prayuda, S.Si., M.S.M. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa usia ke-43 adalah masa yang matang bagi UNIZAR untuk bersinar dan menjadi suluh bagi semesta alam, sesuai dengan tema acara, “Melangkah dan Berpendar Bersama Menjadi Suluh bagi Semesta Alam.”

Beliau juga menjelaskan mengapa warna hitam dipilih sebagai warna dominan pada acara ini. “Jika kita ingin menonjolkan aspek cahaya, kita buat semuanya hitam, sehingga cahaya semakin tampak. Semoga dengan adanya hitam di lingkungan sekitar kita, kita tidak ikut hitam, tetapi kita menjadi cahaya itu sendiri, UNIZAR berbagi cahaya bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia juga meminta doa dari seluruh hadirin untuk kesuksesan akreditasi Program Studi Akuntansi yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari mendatang serta akreditasi universitas yang akan dilaksanakan tahun ini.

Acara ini juga diisi lomba yel-yel antarfakultas, final lomba nyanyi, dan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba tenis meja, catur, dan lain-lain. Selain itu, ada pembagian doorprize yang melibatkan sponsor seperti Blip, Telkomsel Indonesia, Bank Dinar, Bank Mandiri, Klinik Pratama K-Risna Medika, Bank BPR Abdi Warga Mulia, Bank BNI, Bank BTN Syariah, Hotel Lombok Raya, Hotel Merumata Senggigi, PT. Varindo Lombok Inti, dan Koperasi UNIZAR. “Sebanyak 15% dari peserta akan membawa pulang hadiah, sementara semua peserta akan membawa kenangan indah dari acara tersebut,” tutup Ketua Panitia.

Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, Dr. Ir. H. Nanang Samodra KA, M.Sc., memberikan sambutan yang mengulas sejarah berdirinya UNIZAR sejak tahun 1981. Beliau mengenang masa-masa awal ketika universitas ini berdiri dengan hanya lima fakultas dan bertempat di masjid dan Sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA). Kini, UNIZAR telah berkembang pesat dengan 12 program studi dan 7 fakultas.

“Saya hanya ingin sedikit mengulas awal mula berdirinya UNIZAR pada tahun 1978. Saat itu orang tua kami berangkat ke Mekkah dan singgah di Kairo untuk melihat Univeritas Al-Azhar yang ada di Kairo. Waktu itu, di sana ada saudara kami, Rektor ketiga UNIZAR, Alm. Dr. H. Ahmad Firdaus Sukmono, SH., MH., yang saat itu sedang kuliah di Kedokteran Universitas Al-Azhar Kairo. Sepulang dari itu, tanpa pikir panjang, tahun 1979 membahas bagaimana membuat perguruan tinggi. Akhirnya berdirilah Universitas Islam Al-Azhar pada tahun 1981,” cerita Ketua Yayasan.

Beliau melanjutkan, “Pada saat itu suasana tidak seperti ini, tidak semegah ini. Kampusnya belum ada, numpang di masjid dan Sekolah PGA. Waktu itu ada 5 Fakultas: Fakultas Syariah, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi. Setelah dalam perkembanganya, Fakultas Sastra tidak jadi, diganti dengan Fakultas Hukum, kemudian Fakultas Sastra lebur ke Fakultas Hukum. Sekarang tidak terasa menjadi 12 Program Studi dan 7 Fakultas.”

Dr. H. Nanang juga menyampaikan harapannya agar UNIZAR terus maju dan berkontribusi kepada masyarakat. “Untuk menjadi luar biasa, UNIZAR harus meningkatkan Sumber Daya Manusia, terutama dosen-dosen. Akses beasiswa dari pemerintah atau yayasan sangat terbuka untuk itu,” katanya. Beliau berharap fakultas yang ada di UNIZAR dapat menanamkan nilai-nilai kontribusi kepada mahasiswa, khususnya dalam mengembangkan pertanian berbasis teknologi.

Milad ke-43 UNIZAR bukan hanya perayaan ulang tahun semata, melainkan juga momen refleksi dan komitmen untuk terus berkembang dan memberikan manfaat bagi semesta alam. Dengan semangat kebersamaan, UNIZAR berharap dapat terus bersinar dan menjadi pelita di tengah kegelapan. (Asmadi/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *